Kebangkitan Yesus Merupakan Bukti Bahwa Dia Anak Allah (Yohanes 20:1-18)

Kebangkitan Yesus Merupakan Bukti Bahwa Dia Anak Allah
Yesus Bangkit dari Kubur
Syalom…..Di Renungan Firman Tuhan khotbah paskah yohanes 20:1-18, dengan Thema “Kebangkitan Yesus merupakan bukti bahwa dia anak Allah” ini adalah proses kelanjutan setelah yesus disalibkan mati dan dikuburkan yang menjelma sebagai anak manusia untuk menebus dosa manusia sebagai utusan Allah di Dunia.

Sebelum saya lanjutkan tentang penjelasan firman Tuhan di injil Yohanes 20:1-18 dengan Thema “Kebangkitan Yesus Merupakan bukti bahwa dia anak Allah”, perlu kita ketahui bahwa dalam kehadiran Yesus selama Dia di dunia untuk memberitakan kebenaran firman Allah, sangat banyak umat yang percaya kepadaNya, banyak pengikutnya dan muridnya ada di seluruh pelosok dunia. Ada banyak mujizat yang telah dinyatakan dan sekaligus nasehat-nasehat untuk membawa keselamatan. Dia sebagai sosok yang menjelma sebagai anak manusia dalam pemberitaan injil dan kebenaran firman tuhan dilakukannya, dan patut kita jadikan teladan dalam hidup kita sebagai umat yang percaya kepada Yesus, dan
begitu juga atas segala penderitaan yang di alaminya…..di siksa, di ludahi, di lempari batu dan di olok-olok, Tuhan Yesus telah jalankan. Ada satu keistimewaan dari Tuhan Dia tidak melawan dan tidak membela diri walaupun tidak sewajarnya dia terima hukuman di atas kayu salib. Kenapa saya katakan demikian, sebab tuhan Yesus tidak memiliki satupun kesalahan dan alasan di hukum dan disalibkan hingga mati diatas kayu salib adalah “sebagai Raja orang Yahudi” (Markus 15:26). Baca tentang Yesus disalibkan dan mati membuktikan bahwa dia anak Allah (Markus 15:22-41).

Dalam Nast Renungan Firman Tuhan Yohanes 20:1-18 dengan Thema “kebangkitan Yesus merupakan bukti bahwa Dia anak Allah” saya berikan poin-poin penting untuk kita renungkan dalam kehidupan kita, antara lain:

1. Tuhan Yesus bangkit dari antara orang mati
Tuhan Yesus pada saat dia di dunia untuk memberitakan firman tuhan, Dia telah menyatakan dan memberitahukan tentang kebangkitanNya dari antara orang mati setelah tiga hari, ada tertulis dalam firman Tuhan di (Matius 12:40; Matius 16:21; Matius 17:9; Matius 17:23; Matius 26:32), ada sebanyak 5 kali dia telah memberitahukan hal kebangkitannya saat dia masih melayani di dunia sebelumnya.

Dan begitu juga Para pemuka agama Yahudi juga, ingat bahwa Yesus pernah berkata "Sesudah tiga hari Aku akan bangkit", sehingga setelah Yesus dikubur, mereka meminta Pontius Pilatus, gubernur Yudea, untuk memberikan meterai dan penjaga kubur itu sampai hari ke-3.

Kebangkitan Yesus Merupakan Bukti Bahwa Dia Anak Allah
Bersama Maria Magdalena Pergi Ke Kubur Yesus
Apa yang terjadi pada hari ketiga setelah dikubur? Maria Magdalena dan beberapa perempuan lainnya yaitu Maria ibu Yakobus, serta Salome, mengambil inisiatif untuk mempersiapkan rempah-rempah dan minyak mur untuk nantinya dibawa pergi ke kubur guna meminyaki Yesus, Maria Magdalena ini adalah salah satu perempuan yang mengikuti perjalanan yesus dari galilea ke ke yerusalem dengan setia, setelah sampai di mana yesus di kubur, mereka melihat batu yang sangat besar untuk menutup lubang kuburan Yesus telah terbuka dan terguling dari pintu kuburan yesus tersebut, padahal telah dimeterai dan dijaga oleh para tentara Romawi atas perintah Pontius Pilatus, gubernur Yudea, berdasarkan permintaan para pemuka agama Yahudi.

Melihat keberadaan kuburan Yesus yang telah terbuka, ia langsung memberitahukan kepada murid-murid kesayangan Yesus yaitu Simon Petrus dan murid lainnya dan berkata “Tuhan telah diambil orang dari kuburannya dan kami tidak tahu dimana Ia diletakkan” (Yohanes 20:2). Sesampainya murid-murid yesus di tempat Yesus di kubur, mereka melihat kedalam kuburan Yesus, Yesus tidak ada, hanya tinggal kain kafan terletak di tanah serta kain peluh yang tadinya ada di kepala Yesus tidak terletak dekat kain kafan itu, tetapi agak disamping di tempat yang lain dan sudah tergulung (yohanes 20:7), mereka baru menyadari tentang isi kitab suci yang mengatakan, bahwa Ia harus bangkit dari antara orang mati, itu adalah tentang Yesus. Ini adalah poin pertama yang membenarkan bahwa kebangkitan yesus merupakan Bukti bahwa Dia anak Allah/Utusan Allah.

2. Dua orang Malaikat berpakaian putih duduk di sebelah kepala dan yang lain di sebelah kaki di tempat mayat Yesus terbaring.
Pada saat Maria Magdalena melihat Yesus  sudah tidak ada di kuburan, Ia menangis, dan setelah itu Maria
Kebangkitan Yesus Merupakan Bukti Bahwa Dia Anak Allah
Dua Orang Malaikat Menyambut Yesus Bangkit
Magdalena melihat ada tampak dua orang Malaikat yang berpakaian putih duduk disebelah kepala dan yang lain di sebelah kaki tempat mayat Yesus terbaring dan Malaikat tersebut mengucapkan sejumlah kata-kata yang dicatat berbeda di Injil Matius, Markus dan Lukas, tetapi sebenarnya memberi informasi yang selaras dari sejumlah saksi mata, antara lain:
  • "Jangan takut!" (Markus 16:6) atau "Janganlah kamu takut!" (Matius 28:5)
  • "Aku tahu kamu mencari Yesus yang disalibkan itu." (Matius 28:5) atau "Kamu mencari Yesus orang Nazaret, yang disalibkan itu." (Markus 16:6)
  • "Mengapa kamu mencari Dia yang hidup, di antara orang mati?"(Lukas 24:5)
  • "Ia tidak ada di sini, Ia telah bangkit." (Matius 28:6; Lukas 24:6) atau "Ia telah bangkit. Ia tidak ada di sini" (Markus 16:6)
  • "Sama seperti yang telah dikatakan-Nya." (Matius 28:6)
  • "Lihat! Inilah tempat mereka membaringkan Dia." (Markus 16:6) atau "Mari, lihatlah tempat Ia berbaring." (Matius 28:6)
  • "Ingatlah apa yang dikatakan-Nya kepada kamu, ketika Ia masih di Galilea, yaitu bahwa Anak Manusia harus diserahkan ke tangan orang-orang berdosa dan disalibkan, dan akan bangkit pada hari yang ketiga." Lukas 24:6-7)
  • "Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu." (Matius 28:7) atau "Tetapi sekarang pergilah, katakanlah kepada murid-murid-Nya dan kepada Petrus: Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia, seperti yang sudah dikatakan-Nya kepada kamu." (Markus 16:7). Itulah yang merupakan kesaksian orang beriman kepada yesus bahwa kebangkitan yesus merupakan bukti bahwa dia anak Allah.

3. Tuhan yesus memberitahukan kepada maria Magdalena melalui kebangkitannya, akan pergi menghadap tahta kerajaan Allah
Sesuai dengan pelayananNya dalam memberitakan Firman Tuhan sewaktu masih Dia di dunia, bahwa Yesus
Kebangkitan Yesus Merupakan Bukti Bahwa Dia Anak Allah
Yesus Menhadap Bapa di Sorga
setelah bangkit dari antara orang mati, naik ke Sorga, duduk di sebelah kanan Allah, Bapa yang Maha Kuasa, untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati sekaligus menyediakan tempat bagi setiap orang yang percaya kepadaNya, itulah poin ke tiga yang menyatakan bahwa kebangkitan Yesus merupakan bukti bahwa Dia anak Allah.

Apa makna yang berarti bagi kita sebagai umat yang percaya kepada Yesus Kristus bahwa kebangkitan Yesus merupakan bukti bahwa Dia anak Allah???


  • KedatanganNya di dunia, merupakan bukti bahwa Dia Kasih kepada kita, ia tidak membiarkan umatnya untuk terus-terus terpengaruh oleh kekuatan dan pengaruh kuasa iblis yang selalu merongrong hidup orang kepunyaanNya dan ciptaanNya.
  • Tuhan Yesus sebagai teladan yang perlu kita contohkan untuk mendengar dan melakukan Firman Tuhan serta memberitakan kebenaran Firmannya walaupun teraniaya.
  • Tuhan Yesus rela berkorban mati di kayu salib untuk menebus dosa-dosa manusia
  • Dan melalui kebangkitannya, setiap orang yang percaya akan hidup yang kekal karena Tuhan Yesus menghadap Bapa di sorga untuk menyediakan tempat bagi kita umat kepunyaanNya.
Untuk itu, saudara yang seiman di dalam Nama Yesus, jangan sia-siakan hidupmu di dunia ini dengan tidak berarti bagi Tuhan, Semua perintahNya telah disampaikan melalui Firmannya, berita kebenaran dan tuntunan untuk membesarkan dan memuliakan nama Tuhan, bacalah Firmannya, renungkanlah apa yang diinginkan Tuhan melalui kita, dan lakukanlah apa yang diperintahkannya, dan terakhir, jangan lupa berDoa padanya karena Doa adalah nafas orang beriman kepada Yesus Kristus supaya kebangkitan Yesus merupakan bukti bahwa Dia anak Allah saat Dia naik ke Sorga adalah menyediakan tempat bagi kita setiap orang yang percaya kepadaNya. Jika ingin memiliki kepribadian yang taat kepada Tuhan Maka silahkan Baca tentang pertolongan Tuhan nyata bagi orang benar.

Firman Tuhan tentang Kebangkitan Yesus merupakan bukti bahwa dia anak Allah (yohanes 20:1-18) dapat memberikan pandangan yang setia kepada yesus dan menjadi pengikutnya sampai akhir hayat.

Tuhan Yesus Memberkati kita, Amin

No comments:

Post a Comment